top of page
Search
  • Writer's picturePers Caninus

Sekolah Mahasiswa Berprestasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Tahun 2022

Jumat, 25 Februari 2022 telah diadakan Sekolah Mahasiswa Berprestasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember Tahun 2022 yang bertemakan “Great Tenacity Starts with Big Dreams”. Acara ini diadakan secara daring melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh Pemateri I R. Imam Nuryaman K, Pemateri II Thabed Thalib Baladraf, Wakil Dekan III drg. Dwi Kartika Apriyono, M.Kes., Sp.Of, Ketua BEM FKG Rafif Ikbar Prawira, dan segenap tamu undangan. Acara dimulai dengan pemutaran lagu Indonesia Raya, Hymne Universitas Jember, dan Mars Agromedis. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia webinar sekolah mawapres Delyta Piramida, sambutan ketua BEM FKG Rafif Ikbar Prawira, dan sambutan Wakil Dekan III drg. Dwi Kartika Apriyono, M.Kes., Sp.Of. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Khoirul Imam.


Materi pertama disampaikan oleh R. Imam Nuryaman K. selaku Mawapres Indonesia 2021 terbaik II program sarjana dan dimoderatori oleh Aisyah Arsyarani. Materi I mengangkat topik “Level Up Your Skills by Improving the Best Version of You”. Ia memiliki latar belakang keluarga dengan kondisi finansial dibawah standar cukup, namun ayahnya pernah berkata bahwa, “Kita tidak memilih untuk lahir miskin, namun jika mati miskin itu salah kita sendiri” ucapan inilah yang kemudian menjadi titik semangatnya untuk terus berprogres. Ia juga menyebutkan bahwa kita boleh miskin materi, tetapi kita harus kaya isi kepala, karena isi kepala lah yang akan menjadi kekayaan kita nanti. Seperti peribahasa Kahandap akaran, kaluhur sirungan yang memiliki arti akar dan pondasi yang baik, akan menghasilkan buah dan/atau bunga. Bila telah diberi amanah, kita harus menjalankannya sebaik mungkin, barulah kita boleh mengharapkan dan meminta amanah lain. Kegagalan adalah sumber pengalaman, maka tidak masalah dengan banyak kegagalan karena itulah yang akan menjadi kesuskesan kita kelak. Ia juga menjelaskan bahwa menjadi mahasiswa berarti kita harus mampu menajamkan pemikiran rasional dan juga harus mampu menghaluskan hati dan empati. Hal ini memang tidaklah mudah, tetapi itulah alasan mengapa kita harus mampu mengenali diri sendiri dan mencari jati diri kita. Tak jarang juga kita akan pasti akan merasakan jatuh-bangunnya kehidupan, tetapi kita tidak boleh menyerah dan harus tetap mencoba. Di nu kiwari ngancik nu birahi, seja ayeuna sampeureun jaga, artinya apa yang kita terima saat ini adalah hasil usaha dan perjuangan kita di masa lalu.


Materi kedua disampaikan oleh Thabed Tholib Baladraf selaku Mawapres Utama Universitas Jember 2021 yang dimoderatori oleh Angela Dian. Materi kedua ini akan mengangkat topik “Enhancing Your Self Quality With Public Speaking And Writing Skills”. Sebagai pembuka presentasi, ia menyampaikan bahwa setiap orang punya jatah gagal masing-masing, maka mari habiskan jatah gagal itu dan raih kesuksesannya. Selain menyampaikan materi yang luar biasa, ia juga menjelaskan secara singkat alur yang harus dilalui dalam Pilmapres yang meliputi, seleksi tingkat fakultas, tingkat universitas, Desk Evaluation, tingkat LLDIKTI, hingga akhirnya bersaing di tingkat nasional. Semua alur itu tentu harus dipersiapkan secara matang dan optimal. Dalam persiapan Pilmapres, kita harus membuat gagasan kreatif, mempresentasikan gagasan, membuat video presentasi dengan bahasa inggris, serta mengenal diri sendiri, tambahnya. Ia juga menyampaikan bahwa public speaking merupakan indikator penting dalam beberapa tahapan seleksi. Oleh karena itu, dalam public speaking yang baik kita harus mampu fokus, menyederhanakan informasi, memberikan alasan, dan membuat ide-ide yang bermakna. Selain itu, kita juga harus mampu menvisualisasikan ide tersebut agar mudah dipahami oleh pendengar, imbuhnya. Tak lupa, kita juga harus mengusahakan agar terus menjadi pusat fokus audiensi agar dapat menarik perhatian mereka.


MC Acara Sekolah Mahasiswa Berprestasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember 2022


Materi pertama disampaikan oleh R. Imam Nuryaman K. selaku Mawapres Indonesia 2021 terbaik II program sarjana


Materi Kedua Disampaikan oleh Thabed Tholib Baladraf yang merupakan Mawapres Utama Universitas Jember sekaligus Mawapres LLDIKTI 7

76 views0 comments
bottom of page